Sabtu, 11 Januari 2014

E-Commerce





Dari namanya saja kata dapat mengetahui arti dari kata tersebut. Huruf E pada kata tersebut berate elektronik. Akan tetapi masyaakat pada saat ini lebih banyak mengaitkannya pada sesuatu yang telah dibah dalam bentuk digital. Sebagai contoh , E-Book yang berarti buku yang disediakan atau telah diubah untuk dapat diakses dalam bentuk digital yang menggunakan medi digital yang tersedia.  

Pada saat ini segala jeni sarana yang digunakan oleh manusia sudah tersedi dalam bentuk elektronik yang salah  satunya sarana dalam bidang komerial yang suddah ada dalam bentuk E-commerce. Hal ini memang bertujuan untuk membantu segala jeis kegiatan yang berhubungan dengan bidang komersial. Contoh dari kegiatan e-commersce diantaranya pembelian suatu produk pada situs-situs yang terdapat pada internet.
Menurut OECD tahun 1997, Electronic Commerce merujuk secara umum kepada semua bentuk transaksi yang berkaitan dengan aktifitas komersial, baik organisasi maupun individual, yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data yang digitalisasikan, termasuk teks, suara, dan gambar.
Menurut europan commission 1997, Electronic Commerce berkaitan dengan melakukan bisnis secara elektronik. E-commerce didasarkan pada pemrosesan elektronik dan transmisi data, termasuk teks, bunyi dan video. E-commerce mencakup segala macam aktifitas termasuk perdagangan elektronik baik barang ataupun jasa, pengiriman secara online dari isi digital, transfer dana secara elektronik, electronic share trading, electronic bil of landing, commercial auctions, kolaborasi desain dan rekayasa, online sourcing, public procurement, direct consumer marketing, dan layanan purna jual. Termasuk juga produk (consumer good, peralatan medis) atau jasa (layanan informasi, keuangan dan hukum); aktifitas tradisional (kesehatan, pendidikan) dan aktifitas-aktifitas baru (virtual malls)
Dari kedua pengertian tesebut dapat diambil kesimpulan bahwa e-commerce merupakan suatu proses bisnis bidang perniagaan baik berupa barang atau jasa yang mana dilakukan didunia maya atau internet dengan cara mendigitalisasikan barang atau jasa yang akan kita komersialkan.
Jenis-jenis E-Commerce,
1.      Business to bussines (B2B), komersial yang berguna untuk suatu bisnis yang dapat membuat bisnis yang lain.
2.      Business to consumer (B2C), komersial yang dilakukan oleh suatu persahaan yang bertujuan untuk melakukan kegiatan komersialnya kepada pelanggan dalam arti pengguna internet.
3.      Consumer to consumer (C2C), proses komersial yang dilakkukan Antara sesama pengguna internet yang mana terdapat suatu perantara berupa situs-situs yang digunakan dalam prosesnya. Sebagai contoh situs ebay.
4.      Peer to peer (P2P),  yang dilakukan tampa harus melibatkan suatu server web. Biasanya ini dilakukan dalam media chating melalui situs-situs social seperti facebook, twitter, dan lain-lain.
5.      M-Commerce, yaitu proses komersial yang sudah disediakan dan dapat dinikmati dengan mobilephone, dengan ini pengguna internet semakin dimudahkan dalam meklakukan teransaksi dimanapun dan kapanpun.
Manfaat dari E-commerce,
1.      Biaya yang dibutuhkan sedikit. Sebagai contoh, ketika kita hendak membeli suatu produk yang berada pada tempat yang jauh seperti dinegara lain kita tidak harus menuju kesana untuk membelinya. Kita hanya membuka web dari situs produk yang diinginkan dan mengisi formulir pembelian beserta nomer kartu kredit yang kita gunakan untuk membayar, setelah itu kita tiggal menunggu barang tersebut datang.
2.      Menghemat modal. Dengan menerapkan E-Commerce kita dapat meminimalisir biaya yang akan kita gunakan dalam membuat suatu usaha.
3.      Menghemat tempat. Masalah kekurangan tempat yang menjadi masalah para pelaku komersial dapat diselsaikan. Dulu ketika seorang hendak melakukan kegiatan perniagaan maka hal yang harus diperhatikan adalah tempat untuk melakukan proses perniagaan tersebut. Akan tetapi dengan menerapkan E-Commerce seorang pelaku komersial cukup membuat suatu situ web yang akan digunakan untuk menjajakan barangay yang hendak dikomersialkan.
4.      Menjangkau tempat yang luas. Biasanya jika suatu niaga yang dilakukan disuatu tempat akan dikenalkan sebatas tempat itu saja. Akan tetapi dengan meneapkan E-Commerce kita dapat mengenalkan usaha kita ke-berbagai belahan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar